Amalya, Dwita Rizky (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 3 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Fisika siswa MTS N 3 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini terdapat sampel penelitian sebanyak 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menemukan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji test “t” diperoleh nilai signifikansi 0,00 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar yaitu kenaikan nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat setelah diberi perlakuan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) walaupun dikategorikan rendah yaitu sebanyak 28%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:37 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1804 |