Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK KANAK PELAWANG INDAH DESA KOTO RENAH KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

Sartika, Yuni (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK KANAK PELAWANG INDAH DESA KOTO RENAH KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Sifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam mengembangkan kognitif yang dilakukan oleh guru terhadap anak usia 4-5 tahun dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak pelawang indah desa koto renah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kognitif pada anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak pelawang indah. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu para pengajar (guru) dan data sekunder yaitu berupa yang dilakukan dalam mengembangkan kognitif pada anak usia 4-5 tahun pada saat proses belajar mengajar, dan suasana pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak pelawang indah desa koto renah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa guru di taman kanak-kanak pelawang indah telah berperan dalam mengembangkan kognitif kepada anak usia dini dengan cara mendidik, memfasilitasi, dan menyediakan media pembelajaran, serta membimbing dan memberikan pemahaman yang baik kepada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:56
Last Modified: 30 Jun 2025 02:56
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item
View Item