Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN LABEL HALAL PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT PADA USAHA ILHAMUMTAZA JAMBI

NOVITA, ADE DEA (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN LABEL HALAL PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT PADA USAHA ILHAMUMTAZA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya biaya promosi dalam memasarkan produk di sosial media ini menjadi
suatu permasalahan bagi pelaku usaha. Dengan begitu pelaku usaha lebih
memasarkan produknya langsung ke lapangan. Hal ini menjadi latar belakang
pada penelitian yang berjudul pengaruh digital marketing dan label halal produk
terhadap keputusan pembelian masyarakat pada usaha Ilhamumtaza Jambi. Tujuan
penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial maupun
simultan digital marketing dan sertifikasi halal produk terhadap keputusan
pembelian masyarakat pada usaha Ilhamumtaza Jambi. Metode yang digunakan
pada penelitian ini ialah metode kuantitatif deskriptif dengan 344 responden
dengan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ialah purposive
sampling yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan dan itu digunakan
memperhitungkan sejumlah faktor. Pengumpulan data melalui dengan penyebaran
kuesioner, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan parsial dari variabel digital marketing
dan label halal produk terhadap keputusan pembelian masyarakat pada usaha
Ilhamumtaza Jambi. (2) variabel independen yaitu variabel digital marketing dan
label halal berpengaruh positif (geerak searah) terhadap keputusan pembelian
masyarakat pada usaha Ilhamumtaza Jambi dengan hasil nilai koefisien Adjust R2
sebesar 0,533 %. Hal ini menggambarkan bahwa nilai kontribusi variabel digital
marketing dan label halal produk terhadap keputusan pembelian masyarakat
sebesar 53% dan 47% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak menjadi
bagian pada penelitian ini dan hasil nilai sumbangan efektif (kontribusi) yang
lebih dipengaruhi ialah variabel label halal produk sebesar 48%. Pada penelitian
ini peneliti dapat mengambil intisari bahwa digital marketing ini dapat
mengenalkan produk lebih luas lagi baik di sosial media maupun dilapangan.
Serta dengan adanya label halal produk menjadi nilai yang paling utama dalam
menentukan keputusan dalam membeli suatu produk. Karena konsumen akan
melihat kembali logo halal dikemasan produk tersebut. Dan dengan mengenalkan
digital marketing dari usaha ini dapat meningkatkan pula minat pembeli di sosial
media dari usaha ini.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:33
Last Modified: 26 Jun 2025 08:33
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item
View Item