Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENDAFTAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AN-NAHL PERCIKAN IMAN KOTA JAMBI

Nurhidayati, Rahayu Lilis (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENDAFTAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AN-NAHL PERCIKAN IMAN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana manajemen pemasaran jasa pendidikan
digunakan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mendaftar di SMP Islam
Terpadu An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi. Untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif, termasuk observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengevaluasi data, peneliti menggunakan tiga
langkah: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan temuan penulis,
yang pertama keunggulan dan nilai manajemen pemasaran jasa pendidikan di Sekolah
Menengah Pertama Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi, memiliki
penerapan pemasaran pendidikan yang baik, mulai dari pendidikan agama yang kuat,
memiliki integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajannya, meskipun bukti fisik dari
sarana prasarana nya belum lengkap seperti, untuk siswa penyediaan tong sampah
disetiap kelas, penyediaan perpustakaan khusus SMP, aula ibadah akhwat yang masih
terbuka. Sedangkan untuk guru dan staff seperti, ruang istirahat guru, ruangan khusus
kepala sekolah, dan ruangan khusus staff TU. Kedua, memiliki penerapan pemasaran
jasa pendidikan yang baik. Seperti memiliki produk pendidikan, harga pendidikan,
memiliki promosi sekolah melalui media sosial dan serangan darat seperti sosialisasi.
Ketiga, minat masyarakat mendaftar di sekolah tersebut bisa dibilang cukup bagus,
tetapi tidak sedikit wali murid yang mengeluhkan terkait biaya pendidikan yang mahal.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat di simpulkan bahwa, implementasi
manajemen pemasaran jasa pendidikan yang ada di sekolah tersebut sudah cukup bagus
dari segi pemasarannya atau promosi yang sekolah lakukan, tetapi meskipun memiliki
penerapan pemasaran yang bagus sekolah tersebut masih memiliki kekurangan
dibagian sarana prasarananya, dan biaya pendidikan yang mahal sehingga menjadikan
pertimbangan bagi masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:46
Last Modified: 26 Jun 2025 06:46
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item
View Item