Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Implementasi metode guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi

Atia, Saniatul (2025) Implementasi metode guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru dalam meningkatkan
kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Metode
yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi, adapun instrument penelitian yakni, pedoman wawancara, buku
catatan, handphone. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) bentuk-bentuk kedisiplinan peserta didik diantaranya disiplin belajar,
disiplin beribadah dan disiplin tepat waktu. (2) metode guru dalam meningkatkan
kedisiplinan ada beberapa hal yang dilakukan yaitu mulai dari perencanaan
kedisplinan terhadap peserta didik, pelaksanaan, dan melakukan pengevaluasian
terhadap bentuk-bentuk kedisiplinan yang dilaksanakan. Implikasi penelitian ini
menunjukkan bahwa guru harus berperan penting dalam meningkatkan kedisiplinan
peserta didik guna membentuk karakter dan menjadikan dirinya sebagai contoh atau
teladan bagi peserta didik sebagai hasil representatif dari UU no 14 tahun 2005.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:22
Last Modified: 26 Jun 2025 01:22
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item
View Item