Kurnia, Rina (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL HUDA PAGAR PUDING KECAMATAN. TEBO ULU. Other thesis, UIN STS JAMBI.
![Rina kurnia-Bookmark - rhina kurnia.pdf [thumbnail of Rina kurnia-Bookmark - rhina kurnia.pdf]](http://digilib.uinjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rina kurnia-Bookmark - rhina kurnia.pdf - Accepted Version
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Nama : Rina Kurnia
Jurusan : Program Studi Tadris Matematika
Judul : “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Disekolah
Madrasah Tsanawiyah Bustanul Huda Kecamatan Tebo Ulu”
Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Discovery Learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa disekolah Madrasah
Tsanawiyah Bustanul Huda kecamatan Tebo Ulu. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental – posttest
Only Contol Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random
sampling. Sedangkan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes
dengan soal tes uraian berjumlah 5 soal. Berdasarkan perhitungan hipotesis
dengan uji t di dapati t�itung = 3,03, pada taraf signifikan ttabel 5% = 2,02,dan
pada taraf signifikan ttabel 1% = 2,70, sehingga dapat diketahui bahwa baik dari
taraf signifikan ttabel 5% maupun ttabel 1%lebih kecil dari t�itung , dengan
demikian ttabel < t�itung ≥ ttabel (2,02 < 3,03 ≥ 2,70. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning
berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa disekolah Madrasah Tsanawiyah Bustanul Huda kecamatan
Tebo Ulu. Selain itu, siswa bersikap positif terhadap implementasi model
pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika. Hasil
penelitian ini meyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Discovery
Learning dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi segi empat dan
segi tiga yang mengharuskan siswa memiliki kenapuan pemecahan masalah.
Kata Kunci : model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan pemecahan
x
ABSTRACT
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:50 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:50 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1736 |