Cahyati, Murni (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( DI SEKOLAH DASAR NEGERI 150/X BUKIT TEMPURUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR ). Other thesis, UIN STS JAMBI.
![MURNI CAHYATI TPG141134 - Murni Cahyati.pdf [thumbnail of MURNI CAHYATI TPG141134 - Murni Cahyati.pdf]](http://digilib.uinjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MURNI CAHYATI TPG141134 - Murni Cahyati.pdf - Accepted Version
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Nama : Murni Cahyati
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Di Sekolah Dasar Negeri
150/X Bukit Tempurung Kabupaten Tanjung Jabung Timur)
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball
Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Di Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit
Tempurung Kabupaten Tanjung Jabung Timur)”. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Snowball
Throwing terhadap keaktifan belajar siswa pada materi Kebebasan Berorganisasi
kelas V Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit Tempurung Kabupaten Tanjung
Jabung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunkaan yaitu
Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan studi pustaka dengan teknik analisis
data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Objek
penelitian yaitu kelas V Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit Tempurung. Dengan
jumlah peserta didik 19 orang. Data awal keaktifan siswa dari 19 siswa diperoleh
skor rata-rata keaktifan sebesar 37%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar
siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penerapan
Model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar
siswa dalam proses pembelajaran.peningkatan keaktifan belajar dapat diukur dari
evaluasi siklus I dan II dengan nilai keaktifan belajar pada siklus I 70% dan pada
siklus II 91%. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 150/X
Bukit Tempurung,telah mencapai ketuntasan belajar.
Kata kunci : Model Snowball Throwing, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:45 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:45 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1734 |