Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI

Parmadi, Muhammad (2018) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

[thumbnail of MUHAMMAD PARMADI-TPG141133 - Muhammad Parmadi.pdf] Text
MUHAMMAD PARMADI-TPG141133 - Muhammad Parmadi.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Muhammad Parmadi
NIM : TPG.141133
Jurusan/Prodi : PGMI
Judul : Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Siswa Kelas II di Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan
keterampilan membaca siswa dalam Membaca pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi yang
disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru,
dimana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat
proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini menimbulkan kebosanan pada siswa
dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat
deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat
dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Ihsan Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah
Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota
Jambi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang
mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data
diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Ihsan Kota yang berjumlah 16 orang, untuk teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan wawancara. Peneliti menemukan bahwa penggunaan
Metode Drill dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa secara
signifikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru
menerapkan Metode Drill dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi
Membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:39
Last Modified: 25 Jun 2025 06:39
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item
View Item