Irwansyah, Dadang (2017) PELAYANAN PUBLIK BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI: Studi Pada Pelayanan Dibagian Sirkulasi dan Referensi. Other thesis, IAIN STS JAMBI.
![SIP130031_Dadang Irwansyah_PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN - MARWAN SATAR.pdf [thumbnail of SIP130031_Dadang Irwansyah_PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN - MARWAN SATAR.pdf]](http://digilib.uinjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SIP130031_Dadang Irwansyah_PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN - MARWAN SATAR.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang: “pelayanan publik badan perpustakaan dan
arsip daerah propinsi Jambi studi pada pelayanan di bagian sirkulasi dan referensi”.
adanya kebijakan publik yang diambil dan oleh pemerintahan sehingga kebutuhan
dan keinginan masyarakat dalam segala segi dapat terpenuhi. Pemerintahan selalu
melayani keinginan warga negaranya, bukan sebaliknya warga negaralah yang
melayani pemerintahan selama roda pemerintahan berjalan. namun, selama ini yang
mereka rasakan bahwa tuntutan akan pelayanan publik yang berkualitas jauh dari
harapan, malahan pelayanan itu penuh dengan birokrasi yang berbelit-belit, hal ini lah
yang menjadi salah satu permasalahan dalam penelitian. Permasalahan yang diajukan
dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk pelayanan publik dan cara meningkatkan
pelayanan publik di badan perpustakaan dan arsip Daerah (BPAD) Provinsi Jambi
pada bagian sirkulasi dan referensi. metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan
teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Data
Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing
(verification) dan Trianggulasi yang digunakan untuk mengecek keabsahan data
penelitian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: bentuk pelayanan publik di badan
perpustakaan dan arsip Daerah (BPAD) Provinsi Jambi pada bagian sirkulasi dan
referensi diantaranya sebagai berikut: bentuk pelayanan publik dengan cara pelayanan
terbuka (Open Access) dan pelayanan tertutup (Closed Access), pelayanan publik
untuk keanggotaan, peminjaman dan pengembalian, pelayanan publik untuk
perpanjangan, penagihan dan sanksi. Sedangkan bentuk pelayanan publik di bagian
referensi dilakukan dengan memaksimalkan pelayanan informasi, memaksimalkan
layanan langsung dan tidak langsung. cara meningkatkan Pelayanan Publik dilakukan
dengan perawatan dan pemeliharaan sumber-sumber informasi untuk meningkatkan
pelayanan publik, melakukan pengembangan sumber-sumber informasi dan
memaksimalkan kompetensi atau kemampuan pustakawan, menyediakan sarana dan
prasarana pendukung dalam pengelolaan perpustakaan.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Pelayanan Sirkulasi dan Referensi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:47 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 04:47 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1702 |