MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KARIR GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 BATANGHARI

Maula, Linziyatul (2023) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KARIR GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 BATANGHARI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertempat di MAN 5 Batanghari yang berlokasi di Desa Selat,
Kec.Pemayung, Kab. Batanghari. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan judul
Manajemen Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Karir Guru Di Madrasah
Aliyah Negeri 5 Batanghari. Penelitian ini berawal dari kesenjangan yang peneliti
lihat antara guru dengan kepala madrasah yang tidak berimbang, sementara
gurunya cukup mumpuni dalam bidang keahliannya, namun untuk pengembangan
karir guru ini belum optimal. Manajemen yang dilakukan kepala madrasah hanya
bersifat manajerial, sehingga untuk kebutuhan guru dalam pengembangan karirnya
kurang diperhatikan. Oleh karena itu kurang maksimalnya keprofesionalan dari
tenaga pendidik. Ada beberapa factor penghambat dalam pengembangan karir ini
yaitu: kurangnya pelatihan yang didapat oleh guru, kurangnya biaya yang tersedia
baik secara instansi maupun secara pribadi,kurangnya bimbingan dari pengawas
berwenang. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: sarana memadai, SDM untuk
pendidikan berkualifikasi S-1, terdapat motivasi dari pihak terkait baik pejabat
berwenang, orangtua dan lainnya. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam
pengembangan karir guru adalah mengikut sertakan dalam berbagai macam
kegiatan seperti webinar, MGMP, seminar online/ offline, mengikuti lomba guru
berprestasi.Temuan inilah yang peneliti dapatkan, artinya kepala madrasah hanya
mengutamakan manajerialnya sebagai pimpinan dan supervise untuk
mengkondusifkan proses pembelajaran supaya efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Pascasarjana > Doktor Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 05 May 2025 04:47
Last Modified: 05 May 2025 04:47
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item