Mawaddah, Fadhilah (2025) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar negeri 37 teluk kecimbung. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan tuntutan kecakapan abad 21,
kemampuan ini penting di miliki sebagai bekal bagi siswa untuk berpikir secara
mendalam. Namun kenyataanya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah
dasar negeri 37 teluk kecimbung masih rendah. Model problem based learning di
jadikan solusi dalam meningkatkan berpikir siswa karena model pembelajaran ini
melibatkan siswa secara aktif untuk berpikir. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang melibatkan 24 siswa
kelas V sekolah dasar negeri 37 teluk kecimbung. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I,
peneliti menemukan bahwa terdapat 14 orang siswa yang tuntas dari 24 siswa
dengan perolehan nilai 58,33% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang
siswa dengan nilai rata-rata yaitu 41,66%, maka hasil kemampuan berpikir kritis
siswa pada siklus I masih kurang oleh karena itu peneliti melakukan
perbaikanpada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu, siswa yang
tuntas pada siklus II sebanyak 20 orang siswa dengan nilai 83,83% dan ada 4
orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 16,66%. Berdasarkan
penerapan di atas menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berpikir
kritis siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan social (IPAS) dengan
menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas V sekolah
dasara negeri 37 teluk kecimbung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 22:14 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 22:14 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1664 |