Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Implementasi Moderasi Beragama melalui Persepsi Siswa di SMPN 3 Kemuning Indragiri Hilir Riau

Wahidah, Maudy Yustin (2025) Implementasi Moderasi Beragama melalui Persepsi Siswa di SMPN 3 Kemuning Indragiri Hilir Riau. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

mplementasi moderasi beragama di tingkat SMP masih terbatas dan belum tereksplor secara luas. Hal ini menciptakan kekosongan dalam pemahaman tentang bagaimana siswa SMP, yang berada pada fase perkembangan kritis dalam membentuk identitas dan sikap keagamaan mereka, memahami dan menerapkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini akan memberikan wawasan baru tentang bagaimana siswa di SMPN 3 Kemuning menginterpretasikan dan mengeksplor prinsip tawasuth (moderat), tasamuh (toleransi), tawazun (keseimbangan), dan syura (musyawarah) dalam konteks kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi moderasi beragama, persepsi dalam konteks tawasuth, tasamuh, tawazun dan syura, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mendalami implementasi moderasi beragama di SMPN 3 Kemuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) serta penarikan kesimpulan. Sementara untuk uji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi moderasi beragama telah diterapkan melalui berbagai kegiatan sekolah, seperti pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam moderat dan kegiatan ekstrakurikuler yang menanamkan toleransi serta keseimbangan dalam beragama. Persepsi siswa terhadap moderasi beragama umumnya positif, meskipun terdapat perbedaan dalam pemahaman dan tingkat penerapannya. Faktor pendukung utama dalam implementasi moderasi beragama meliputi dukungan dari guru, kurikulum yang inklusif, serta lingkungan sekolah yang kondusif. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain kurangnya pemahaman mendalam terhadap konsep moderasi beragama dan pengaruh lingkungan luar sekolah yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 24 Jun 2025 22:11
Last Modified: 24 Jun 2025 22:11
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item
View Item