alfiyah, Azza (2025) Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Ahklak melalui pembelajaran Berbasis Proyek di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 kota Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek .Penelitian ini dilakukan di MTsN 5 Kota Jambi dengan subjek penelitian siswa kelas VII C yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap prasiklus, rata-rata nilai siswa adalah 68,12 dengan tingkat ketuntasan sebesar 34%. Setelah diterapkannya Pembelajaran berbasis Proyek pada siklus 1, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 71,61 dengan tingkat ketuntasan sebesar 66%. Pada siklus 2, rata-rata nilai siswa kembali meningkat menjadi 76,79 dengan tingkat ketuntasan sebesar 91%. Peningkatan ini juga didukung oleh observasi aktivitas siswa dan guru yang menunjukkan adanya peningkatan keaktifan, antusiasme, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.
Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis proyek tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga mampu mendorong keaktifan dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan agar model pembelajaran berbasis Proyek digunakan sebagai alternatif pembelajaran pada mata Pelajaran Aqidah akhlak dan mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 12:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 12:13 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1657 |