Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN GURU FIQIH DI MASJID DARUSSABIQIN DALAM PENINGKATAN KARAKTERISTIK RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURURRODHIYAH KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI

Hidayah, Rafih (2024) PERAN GURU FIQIH DI MASJID DARUSSABIQIN DALAM PENINGKATAN KARAKTERISTIK RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURURRODHIYAH KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh Peran Guru Fiqih di Masjid Darussabiqin dalam
Penigkatan Karakteristik Religius di Madrasah Tsnawaiyah Nururrodhiyah
kecamatan Jelutung Kota Jambi Provinsi Jambi. Tujuan dilakukannya penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru Fiqih di Madrasah,
kendala apa saja yang dihadapi guru Fiqih, dan apa solusi yang dilakukan untuk
dapat mengatasi kendala dalam upaya Peran Guru Fiqih di Masjid Darussabiqin
dalam Penigkatan Karakteristik Religius di Madrasah Tsnawaiyah Nururrodhiyah
kecamatan Jelutung Kota Jambi Provinsi Jambi. Penelitian yang dilakukan adalah
penelitian kualitatif, penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan cara
memperoleh data melalui penelitian berdasarkan objek lapangan. Hasil penelitian
menjelaskan bahwa diperoleh temuan penelitian mengenai peran guru Fiqih
sebagai pendidik untuk membentuk karakter religius, Penanaman nilai-nilai
religius kepada peserta didik melalui motivasi yang selalu diberikan oleh guru
Fiqih. Strategi guru Fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya
dilakukan dengan menggunakan metode tutor sebaya. Hambatan yang dialami
guru dalam mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar meliputi
faktor waktu, faktor intlektual, dan faktor sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:34
Last Modified: 24 Jun 2025 07:34
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item
View Item