Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM SIMPANG IV SIPIN KEC.TELANAI PURA KOTA JAMBI

YAKUP, MUSTHOFA (2024) PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM SIMPANG IV SIPIN KEC.TELANAI PURA KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

“Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI),
Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Masih
terdapat beberapa siswa yang sering terlambat ke sekolah, keluar masuk kelas
tanpa izin, dan kurang memperhatikan keberadaan seorang guru di kelas. Peran
guru sangat di perlukan karena peran setiap individu untuk mencapai visi dan misi
khususnya peran seorang guru di sekolah. Guru PAI dituntut untuk berperan
dalam kegiatan pendisiplinan siswa di sekolah di Mts Laboratorium Simp IV
Sipin Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Siswa serta faktor pendukung dan penghambat dalam Meningkatkan
kedisiplinan siswa di MTs Laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif, yaitu jenis peneltian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data
peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun
pemilihan informan peneliti menggunakan teknik langsung. Kemudian data akan
diperiksa menggunakan triangulasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahan
datanya, data dianalisis dengan menggunakan analisis Miles, Huberman dan
Saldana yang terdiri dari tiga langkah, yaitu : kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru mata
pelajaran akidah akhlak dalam Meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs
Laboratorium adalah adanya kerjasama dengan kepala sekolah dengan peran guru
sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, motivator. Meningkatkan kedisiplinan
siswa meliputi tugas pokok dan pembiasaan dengan memberi contoh seperti
datang tepat waktu, berpakaian rapi dan sopan, dan mengerjakan tugas. Penelitian
ini juga ditemukan faktor pendukung dalam Meningkatkan kedisiplinan, seperti:
fasilitas yang memadai, adanya kerja sama dengan kepala sekolah, pemberian
catatan khusus sanksi, dan adanya koordinasi dengan orang tua siswa. Sedangkan
factor penghambat dalam Meningkatkan kedisiplinan siswa, seperti: pengaruh
lingkungan teman, sanksi yang dilakukan pelaku terhadap pelanggaran, dan
pengaruh penggunaan metode pembelajaran akidah akhlak. Dengan mengetahui
factor pendukung dan penghambat dalam Meningkatkan kedisiplinan ini
diharapkan kepala sekolah dan guru dapat melaksanakan program ini dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:15
Last Modified: 24 Jun 2025 07:15
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item
View Item