Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

Sari, Riskyanti Amelia (2024) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai proses pembelajaran guru biologi
dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian
ini memberikan gambaran terkait hal-hal yang dilakukan guru selama proses
pembelajaran biologi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran biologi dalam pelaksanaan
Kurikulum Merdeka di SMAN 10 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru biologi di SMA
Negeri 10 Kota Jambi. Objek penelitian ini berupa bentuk kesiapan dalam
melaksanakan proses pembelajaran Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru Biologi di SMA Negeri 10
Kota Jambi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka dapat dilihat dari 5 (lima)
aspek yang di adaptasi dari standar proses pembelajaran berupa perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian yaitu, 1) guru berusaha memaparkan pemahaman
mengenai struktur kurikulum merdeka dengan maksimal, 2) guru memiliki dan
mempelajari terkait perencanaan pembelajaran, 3) dalam proses pembelajaran
guru telah melaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah yakni melaksanakan
program profil pelajar pancasila dan pembelajaran differensiasi, 4) modul ajar
yang digunakan guru untuk pembelajaran merupakan modul ajar dari pemerintah
yang kemudian dikembangkan sesuai dengan karakter siswa, 5) guru melakukan
asesmen formatif dan sumatif untuk melihat ketercapaian siswa. Berdasarkan hasil
yang dilihat dari ke 5 aspek dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang
dilakukan guru biologi di SMA Negeri 10 Kota Jambi telah mengikuti standar
proses Pendidikan di Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:24
Last Modified: 24 Jun 2025 03:24
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item
View Item