Elviana, Vivi (2024) PENGARUH MEDIA GAMB AR BERGERAK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BETARA. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: a) mengetahui hasil belajar pre-test dan
post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pelajaran IPA siswa di SMP
Negeri 2 Betara; b) mengetahui pengaruh media gambar bergerak terhadap hasil
belajar IPA siswa di SMP Negeri 2 Betara. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control
Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple
Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata hasil belajar pada
kelas kontrol berbeda dengan kelas eskperimen dimana pada kelas eksperimen
lebih terlihat perbedaan nilai yang cukup besar. Nilai rata-rata pre-test pada kelas
kontrol adalah 54,4 dan pada kelas eksperimen adalah 55,7. Nilai rata-rata post-
test pada kelas kontrol adalah 68,6 dan pada kelas eksperimen adalah 81,9; 2)
Media gambar bergerak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA materi Sistem Pencernaan kelas VIII di SMP Negeri 2 Betara.
Media gambar bergerak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar IPA sebesar 90%. Dengan menggunakan media gambar bergerak di kelas,
khususnya dalam pembelajaran IPA materi Sistem Pencernaan siswa dapat
memngingat materi IPA melalui gambar bergerak yang ditampilkan, dan
selanjutnya akan lebih mudah bagi guru untuk menyampaikan materi kepada
siswa sesuai keadaan ruang dan waktu di kelas. Disarankan untuk penelitian
selanjutnya untuk dapat mengembangkan media gambar bergerak untuk melihat
kemampuan IPA pada siswa pada materi pokok bahasan yang lain selain sistem
pencernaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:54 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:55 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1629 |