Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN IKAN NILA KELOMPOK TANI PASIR PERMAI DESA TELUK RENDAH ILIR KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO

Tamim, Muhammad (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN IKAN NILA KELOMPOK TANI PASIR PERMAI DESA TELUK RENDAH ILIR KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan ikan nila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Kelompok Tani Pasir Permai Desa Teluk Rendah Ilir dalam meningkatan hasil penjualan ikan nila serta hambatan dan solusi dalam memasarkan ikan nila serta implementasi etika pemasaran islami dalam strategi pemasaran ikan nila oleh Kelompok Tani Pasir Permai Desa Teluk Rendah Ilir. 1) Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi produk yang dijual adalah ikan nila yang bermutu berkualitas sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan sudah dipastikan halal dan tidak ada kerugian antara penjual dan pembeli. Kedua strategi harga yaitu ikan nila yang dijual sesuai dengan harga pasaran, tidak tinggi dan tidak rendah, kemudian memberikan discount bagi konsumen yang membeli ikan dengan jumlah yang banyak. Ketiga, strategi lokasi yaitu penjualan ikan nila oleh yang dekat dengan pasar Keempat strategi promosi, yaitu menjaga dan menciptakan hubungan baik dengan konsumen. 2) Hambatan dalam memasarkan ikan nila yang dihadapi oleh Kelompok Tani Pasir Permai Desa Teluk Rendah ilir pertama yaitu hambatan dalam Promosi, Kedua, Hambatan dalam Mendistribusikan Produk ikan nila, ketiga stok produk ikan nila yang terbatas, solusi dalam mengatasi hambatan dalam memasarkan ikan nila oleh Kelompok Tani Pasir Permai Desa Teluk Rendah Ilir adalah dengan memaksimalkan stok produk ikan nila dengan menambah bibit dan pakan ikan serta menambah kolam agar budidaya ikan nila semakin maju dan berkembang. 3) Implementasi Etika Pemasaran Islami Dalam Strategi Pemasaran Ikan Nila Oleh Kelompok Tani Pasir Permai Desa Teluk Rendah Ilir yaitu dilandasi dengan prinsip islam sebagaimana mestinya penjual yang melayani pembeli dengan sebaik mungkin, tidak membeda bedakan konsumen juga dilandasi dengan kejujuran, karena kejujuran dan Tidak berburuk sangka, anggota kelompok pasir permai menerapkan untuk menghormati antar sesama penjual

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:22
Last Modified: 23 Jun 2025 08:22
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item
View Item