Annazzalby Iqbal. A, Annazzalby Iqbal. A (2023) تأثير طريقة الانتقائية على نتائج اللغة العربية في المدرسة الثانوية أسعد جامبي. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode ekletik terhadap hasil
belajar siswa di Mts Putra As’ad Jambi. Potensi dan bakat berbahasa Arab siswa
sangat besar ketika sudah memasuki jenjang pendidikan madrasah tsanawiyah,
sehingga guru hanya perlu memilih metode terbaik untuk meningkatkan semangat
dan stimulan belajar bahasa Arab siswa salah satunya adalah memilih metode
ekletik dalam pelaksanaan pembelajaran adalah metode ekletik. Metode ekletik
adalah metode yang menggabungkan beberapa metode seperti metode Gramatikal
terjemah, metode langsung, metode membaca, dan metode audio lingual. Dengan
menggabungkan berbagai macam metode diharapkan metode ekletik dapat
meningkatkan kreativitas pengajar bahasa arab dan meningkatkan efektifitas
proses pembelajaran bahasa arab. Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya
keberhasilan suatu pembelajaran tergantung pada jenis metode apa yang
diajarkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
Penelitian ini dilakukan dikelas VII MTs menggunakan metode penelitian
kuantitatif (true experimental design) dengan menggunakan model postest only
control design, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi (penulis
memberikan perlakuan metode ekletik) terhadap kelas eksperimen dan tidak
memberikan perlakuan terhadap kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan SPSS 25 untuk menguji semua data dan setelah
melakukan analisis data maka ditemukan hasil penelitian (T-Hitung) 4,497 lebih
besar dari (T-Tabel) 2,744, berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Maka
dalam hasil penelitian ini dinyatakan ada pengaruh metode ekletik terhadap hasil
pembelajaran bahasa arab siswa di MTs Putra As’ad jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:21 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1623 |