Hari Saputra, Hari Saputra (2023) Upaya guru pendidikan agama islam dalam membudayakan disiplin siswa di sekolah menengah atas negeri 4 kecamatan Mersam kabupaten batanghari. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang disiplin siswa di sekolah hal ini terlihat masih banyak siswa yang melanggar atauran yang telah di tetapkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari.
Tujuan penelitian ingin mengetahui sejauh mana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membudayakan disiplin siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 kecamatan mersam kabupaten Batanghari.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 kecamatan mersam kabupaten Batanghari. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Majlis guru, dan siswa. Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber datanya berupa manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Membudayakan disiplin siswa yaitu guru sebagai teladan, guru sebagai motivator, guru sebagai pemimpin , Kedua kendala Pendidikan Agama Islam dalam membudayakan disipilin Attidude dan kedisiplinan siswa yang belum baik, buruknya pergaulan siswa di luar sekolah,. Ketiga solusi dalam mengatasi kendala yaitu Kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru bidang studi lainnya, Terjalinnya kerjasama antara orang tua dan guru.
Kesimpulan peran guru pendidikan agama Islam masih belum oftimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:16 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:16 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1617 |