Siregar, Desi Safitri (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCIENTIFIC LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MAN 2 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari skripsi ini untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan model scientific learning dengan media audiovisual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di MAN 2 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini, terdapat sampel penelitian sebanyak 21 siswa dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design dan menggunakan desain one group pretest-posttest. Peneliti menemukan bahwa model scientific learning dengan media audiovisual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang diukur dari ranah kognitif. Selain itu, dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” atau cohen’s d diperoleh t hitung sebesar 26,33 dan pada t tabel pada signifikan 5% sebesar 2,09, maka t hitung > t tabel. Dengan demikian ada perbedaan model scientific learning dengan media audiovisual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah kelas diberi perlakuan dalam ranah kognitif siswa. Sedangkan hasil signifikansi menggunakan uji cohen’s d didapatkan r hitung sebesar 0,68 atau 76% dengan kategori interpretasi sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model scientific learning dengan media audiovisual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:11 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:11 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1610 |