Khom Satum, Khom Satum (2023) Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Nama : Khom Satum
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan
Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V Di Sekolah
Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur
Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Skripsi ini membahas tentang, Penerapan Model Problem Solving Pada Pembelajaran matematika materi bangun ruang Siswa Kelas V SDN 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan komunikasi matematika siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Solving, dengan materi bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan empat tahap meliputi: 1)Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan rubik penilaian keterampilan komunikasi matematika siswa. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data, termasuk pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematika siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan yang terjadi pada siklus pada siklus I diperoleh rata rata persentase sebesar 61% sedangkan pada siklus II diperoleh rata rata persentase sebesar 80%. Hasil observasi aktifitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 69,2% sedangkan pada siklus II diperoleh rata rata persentase sebesar 81,53%. hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika materi taharah dengan menggunakan problem solving. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:46 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1584 |