Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Pembinaan Kedisiplinan Siswa Melalui Shalat Berjama’ah di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi

Yandri, Cindi Widia (2025) Pembinaan Kedisiplinan Siswa Melalui Shalat Berjama’ah di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan kedisiplinan merupakan aspek penting dalam pendidikan untuk membentuk siswa yang bertanggung jawab dan disiplin. Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi menerapkan shalat berjamaah sebagai upaya menanamkan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk Melihat pembinaan kedisiplinan siswa melalui shalat jama’ah, faktor pendukung, serta hambatan dalam pelaksanaannya. Dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembinaan kedisiplinan siswa melalui shalat berjamaah di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi dilakukan secara sistematis untuk membentuk karakter religius dan disiplin. adapun bentuk bentuk pembinaan kedisiplinan siswa yang di lakukan oleh madrasah aliyah laboratorium bermacam macam yaitu pertama ketepatan waktu, kedua pengawasan, ketiga motivasi,dan terakhir reward dan punishment. 2) Pembinaan kedisiplinan siswa di pengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat baik itu secara eksternal maupun internal adapun faktor yang mendukung seperti lingkungan religius,dukungan dari pihak madrasah dan kesadaran orang tua sedangkan faktor penghambat seperti : kurangnya kesadaran dan motivasi,sarana prasarana 3) evektivitas an Pembinaan kedisiplinan siswa memberikan dampak positif bagi dalam kehidupan madrasah maupun kehidupan sehari-hari siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:14
Last Modified: 23 Jun 2025 06:14
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item
View Item