Safitri, Neni (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-JAUHAREN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen Sarana dan Prasarana di MTs Al-Jauharen, gambaran bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Tanjung Johor kota jambi, gambaran bagaimana upaya Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Tanjung Johor Kota Jambi dalam peningkatan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala Sekolah, guru-guru dan siswa sebagai informan. Teknik analisis/ pengolahan data data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Al–Jauharen itu ada perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan, inventarisasi, pengawasan dan pemeliharaan, serta penghapusan. Sarana prasarana banyak belum terpenuhi dikarenakan kurangnya Dana BOS dan banyak kebutuhan yang dikeluarkan. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran yaitu sudah dilengkapinya alat-alat pembelajaran di kelas seperti buku LKS, papan tulis. Sedangkan faktor penghambatnya itu dari dari gurunya seperti telat masuk kelas dan metode pembelajaran yang tidak menarik, sedangkan dari siswa itu ada faktor internal seperti dari dalam diri siswa dan faktor eksternal seperti lingkungan, sarana prasarana dan fasilitas-fasilitas sekolah lainnya.Upaya yang dilakukan dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Kota Jambi yaitu guru berusaha sebisa mungkin melengkapi sarana prasarana untuk kebutuhan siswa dan memanfaatkan sarana prasarana yang ada, sekolah juga mengikuti pelatihan-pelatihan dan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar terciptanya pembelajaran yang baik dan nyaman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:31 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:31 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1569 |