Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X.B PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN KOTA JAMBI

Yushamdalah, Yushamdalah (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X.B PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi awal peneliti di kelas X.B Pondok
Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi bahwa rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadist
dibuktikan dari hasil ulangan harian yang diberikan guru. Dari 24 siswa hanya 7
siswa dengan persentase 29,17% yang tuntas, sedangkan 17 siswa dengan
persentase 70,83% tidak tuntas dengan memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 75.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian (Classroom Action Research) tindakan
kelas dengan menggunakan desain true experimental – posttest only control group,
sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara,
post-test, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah penerapan model Make-a
Match pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, khususnya pada materi Bukti
Keautentikan dan Kemukjizatan Al-Qur'an, menunjukkan peningkatan. Pada siklus
I, nilai ketuntasan secara klasikal adalah 50% sedangkan pada siklus II meningkat
menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bahwa penerapan model

cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Al-
Qur’an Hadits siswa kelas X.B di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Hasil

penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model cooperative learning tipe
make a match untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Al-Qur’an
Hadits.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:51
Last Modified: 23 Jun 2025 03:51
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item
View Item