Yushamdalah, Yushamdalah (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X.B PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi observasi awal peneliti di kelas X.B Pondok
Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi bahwa rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadist
dibuktikan dari hasil ulangan harian yang diberikan guru. Dari 24 siswa hanya 7
siswa dengan persentase 29,17% yang tuntas, sedangkan 17 siswa dengan
persentase 70,83% tidak tuntas dengan memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 75.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian (Classroom Action Research) tindakan
kelas dengan menggunakan desain true experimental – posttest only control group,
sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara,
post-test, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah penerapan model Make-a
Match pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, khususnya pada materi Bukti
Keautentikan dan Kemukjizatan Al-Qur'an, menunjukkan peningkatan. Pada siklus
I, nilai ketuntasan secara klasikal adalah 50% sedangkan pada siklus II meningkat
menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bahwa penerapan model
cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Al-
Qur’an Hadits siswa kelas X.B di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Hasil
penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model cooperative learning tipe
make a match untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Al-Qur’an
Hadits.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:51 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1553 |