Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI

Putri, Vivi Anita (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendokumentasikan dan mendiseminasikan upaya
yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 7 Muaro Jambi dalam
memimpin siswa dalam shalat dzuhur berjamaah. Terciptanya shalat berjamaah
tanpa adanya paksaan apapun merupakan proses pengintegrasian ide-ide
pendidikan Islam ke dalam pelaksanaan shalat berjamaah agar seseorang dapat
melakukan ibadah tersebut dengan sukarela. Sholat berjamaah mempunyai
beberapa manfaat. Masih ada siswa tertentu di SMPN 7 Muaro Jambi, khususnya
kelas VIII A, yang enggan mengikuti shalat dzuhur berjamaah. Penolakan ini
mempunyai aspek yang membesarkan hati dan menghambat. Dalam teori ini,
definisi shalat berjamaah menjadi sangat penting. Hasil ini diharapkan dapat
menjadi informasi yang berguna dan memberikan analisis yang mendalam terhadap
program Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Muaro Jambi.
Penelitian ini memadukan penelitian lapangan kualitatif dengan metodologi seperti
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kebenaran data diverifikasi, dan peneliti
menggunakan teknik triangulasi berdasarkan metodologi, sumber, dan waktu.
Langkah selanjutnya dalam teknis proses analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berupaya keras
untuk mendorong shalat berjamaah dilaksanakan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi.
Tindakannya, antara lain memberikan pembinaan pentingnya shalat berjamaah,
memberikan pembinaan bacaan dan Gerakan shalat berjamaah, memberi contoh,
memberikan bimbingan, menyesuaikan diri dengan situasi, dan menerapkan
disiplin pada anak-anak untuk membantu mereka tampil lebih baik saat shalat
berjamaah, menunjukkan hal tersebut. Ketidakmampuan siswa dalam memahami
makna shalat dzuhur berjamaah, perilakunya, dan tidak adanya tenaga pengajar
yang mengawasi santri menjadi kendala dalam hal ini. Kepala sekolah dan tenaga
pengajar Pendidikan Agama Islam bekerja sama dengan baik, sehingga menjadi
unsur pendukung untuk sementara. serta lingkungan dan fasilitas yang sesuai.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:19
Last Modified: 23 Jun 2025 03:19
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item
View Item