Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MINAT DAN PERSEPSI PENGUSAHA MUDA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA JAMBI

Muhaimin, Muhaimin (2022) PENGARUH MINAT DAN PERSEPSI PENGUSAHA MUDA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Besarnya potensi Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, menjadikan suatu keharusan untuk lebih di berdayakan menjadi semakin strategis sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas, penyediaan lapangan kerja yang lebih luas, dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat miskin. Usaha mikro yang merupakan bagian dari usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi perlu ditingkatkan serta dikembangkan karena menyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi permasalahan yang kemudian muncul antara lain disebabkan oleh masih rendahnya kualitas SDM pelaku industri, strategi pemasaran yang masih kurang dikuasai oleh pelaku usaha dan pendapatan didasarkan pada waktu atau lama usaha didirikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: besar pengaruh minat dan persepsi pengusaha muda terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Besar pengaruh minat terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi dan besar pengaruh persepsi pengusaha muda terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi.
Skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran instrumen angket dan didukung dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji regresi berganda, Uji T, Uji F dan Uji Koefisien Determinasi (R Square).
Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara bersama-sama variabel minat dan persepsi pengusaha muda memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan Usaha Menengah dan Keatas di Kota Jambi.hal ini terlihat dari nilai Adjusted R2 adalah 0.622 % Hasil ini menunjukan bahwa 62,2 % nilai pengembangan Usaha Menengah dan Keatas di Kota Jambi mampu di jelaskan oleh variasi perubahan variabel minat (X1) dan persepsi pengusaha muda (X2), artinya pengembangan usaha UMKM di Kota Jambi di jelaskan oleh variasi perubahan variabel minat dan persepsi pengusaha muda. Hasil pengujian secara parsial dimana uji signifikan individual kedua variabel minat dan persepsi pengusaha muda secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan Usaha Menengah dan Keatas di Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:04
Last Modified: 23 Jun 2025 03:04
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item
View Item