Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURURAN NEGERI PERTANIAN PEMBANGUNAN JAMBI

Andriani, Dwi Yuni (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURURAN NEGERI PERTANIAN PEMBANGUNAN JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Pembangunan
Jambi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI juruan Agribisnis Perikanan Air
Tawar yang berjumlah 18 siswa, yaitu 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam materi “berani hidup jujur” melalui penerapan strategi
pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Adapun
peneliti merumuskan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penggunaan strategi
pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat
meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada materi berani jujur bagi siswa
kelas XI jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Pertanian Pembangunan Jambi. Penelitian ini merupakan “Penelitian Tindakan Kelas”,
pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, post-test dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian datan,
kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pada kondisi awal
terdapat 5 siswa yang tuntas dan 13 siswa yang tidak tuntas pada ulangan harian dengan
presentase ketuntasan 63,8%. Kemudian pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas dan
7 siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan 73,3%. Pada siklus II terdapat
18 siswa yang tuntas dari 18 jumlah keseluruhan siswa dengan presentase ketuntasan
100%. Berdasarkan hasil penelitian, mulai dari kondisi awal, siklus I dan siklus II
terjadi peningkatan dalam hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read,
Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi berani
hidup jujur mata pelajaran “Pendidikan Agama Islam” di kelas XI juruan Agribisnis
Perikanan Air Tawar SMK Negeri Pertanian Pembangunan Jambi Tahun 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:00
Last Modified: 23 Jun 2025 03:00
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item
View Item