Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi pada Toko Qolbi Muaro Jambi)

NURVAIZAH, NURVAIZAH (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi pada Toko Qolbi Muaro Jambi). Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan
berpengaruh terhadap suatu bisnis atau usaha. Persaingan dunia bisnis saat ini
berkembang sangatlah pesat, perusahaan- perusahaan dituntut untuk menempuh
langkah- langkah strategis agar mampu bersaing pada kondisi apapun. Selain
tuntutan dalam bersaing, perusahaan juga dituntut untuk memiliki keunggulan
yang dapat membedakan perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Menurut
prinsip syariah, kegiatan pemasaran harus dilakukan atau dilandasi dengan
semangat beribadah kepada Allah Swt, berusaha semaksimal mungkin untuk
kesejahteraan bersama, bukan untuk kepentingan golongan apalagi kepentingan
sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis strategi
pemasaran Islam dalam meningkatkan penjualan di Toko Qolbi Muaro Jambi.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dari 25
responden yaitu terdiri dari pemilik toko, karyawan dan konsumen Toko Qolbi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif terhadap data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis strategi pemasaran Islam
untuk meningkatkan penjualan di Toko Qolbi Muaro Jambi sudah dilakukan
secara syariah. Strategi pemasaran yang dilakukan Toko Qolbi Muaro Jambi
menggunakan syariah marketing strategy yaitu segmentation, targeting dan
positioning.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:44
Last Modified: 23 Jun 2025 02:44
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item
View Item