Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH (PAUD BUNDA FATIMAH BENTENG BARAT KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR)

Syahrizal, Hasan (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH (PAUD BUNDA FATIMAH BENTENG BARAT KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR). Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengapa penggunaan media kartu bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah belum berjalan secara optimal, dan bagaimana penggunaan media kartu bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah. metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dilakukan di PAUD Bunda Fatimah Benteng Barat Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau.
Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan media kartu bergambar belum dilakukan dengan metode yang tepat, penggunaan media kartu bergambar yang kurang menyenangkan, dan penilaian harian yang belum dilakukan. Faktor penghambat yakni pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan media kartu bergambar, ruang kelas yang belum memadai, dan dukungan dari kepala sekolah.
Kesimpulan dari temuan pada penelitian ini yakni dalam penggunaan media kartu bergambar harus dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat dan sejalan dengan karakteristik anak usia dini, salah satunya dengan metode bermain sambil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:28
Last Modified: 23 Jun 2025 02:29
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item
View Item