saputra, Juanda (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUANBERFIKIR KRITIS SISWA SMPN 10 SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA
khususnya fisika masih rendah. Banyak guru yang menggunakan metode
konvensional. Siswa hanya mendengar dan mencatat. Oleh karena itu,
penggunaan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi diharapkan dapat
membantu siswa dalam memahami suatu konsep. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model problem based learning
terhadap berpikir kritis siswa kelas VII di SMPN 10 Sarolangun. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh . Populasi penelitian yaitu
seluruh siswa SMPN 10 Sarolangun. Sampel yang digunakan adalah kelas VII,
dimana kelas VII ini akan dibagi lagi menjadi 2 kelas, dengan kelas pertama yaitu
kelas kontrol dan kelas kedua yaitu kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian
ini adalah berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA, desain (posttest one grup)
Pengambilan data dilakukan melalui posttest setelah diberikan perlakuan
berdasarkan perbandingan nilai tersebut, maka terdapat peningkatan di buktikan
dengan Hal ini terbukti dari penjabaran hasil analisis yang memperoleh Skor hasil
pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor serta penerapannya menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas eksperimen nilai
tertinggi yaitu sebesar 95 dan nilai terendah 70, dari data tersebut maka
mendapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,333. Skor hasil
pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor yang tidak diberikan perlakuan atau
tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dikelas
memperoleh nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 60, dari data tersebut maka
mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar74,9583. Dan telah dilakukan uji “t”
dengan signifikan lebih kecil dari 0.05% maka variabel independen berpengaruh
signifikan terhadap variabel dependen maka memperoleh nilai 0.00 berdasarkan
perhitungan tersebut maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan bepikir kritis
siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 10 Sarolangun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:26 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:26 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1513 |