Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA JAMBI

Sumarni, Novi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi Plotagon yang layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa; dan 2) meningkatkan motivasi belajar fisika materi listrik statis setelah diimplementasikan media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi Plotagon mengunggah materi pembelajaran dalam bentuk gambar dan video pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan materi dan desain awal. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen fisika dan guru fisika SMK, dilanjutkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran video sebagai sumber belajar mandiri di SMKN 1 Kota Jambi . Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, lembar angket motivasi, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran dari validator, sedangkan teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian validator, respon siswa, peningkatan motivasi dan peningkatan prestasi belajar.
Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian validator termasuk dalam kategori sedang; 2) peningkatan motivasi belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain <g>sebesar 0,43.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 23 Jun 2025 01:38
Last Modified: 23 Jun 2025 01:38
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item
View Item