IMPLEMENTASI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUSSA’ADAH KABUPATEN TEBO)

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUSSA’ADAH KABUPATEN TEBO). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Strategi CTL dalam Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Nurussa'adah Kabupaten Tebo). Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi strategi CTL dalam pembelajaran fiqih dan apa kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan pada strategi CTL dalam pembelajaran fiqih. Tujuan penelitian untuk mengimplementasi strategi CTL pada pembelajaran fiqih dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta usaha yang dilakukan pada strategi CTL dalam pembelajaran fiqih. Analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru fiqih, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi strategi CTL pada pembelajaran fiqih yang dilakukan guru sudah berjalan dengan baik. Guru fiqih menyampaikan materi pelajaran sudah menggunakan strategi tersebut. Dalam menyampaikan materi, guru fiqih selalu mengaitkan antara materi dengan kehidupan nyata siswa, selain itu siswa dituntut untuk mengembangkan pemikirannya serta membantu mendorong siswa untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kendala yang dihadapi yaitu siswa masih kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran fiqih, siswa masih kesulitan dalam mengaplikasikan materi yang disampaikan, dan masih kurangnya pengaturan waktu terhadap kegiatan pembelajaran. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut yaitu membimbing siswa untuk aktif dan terbiasa mengaitkan materi pembelajaran agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata siswa sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:45
Last Modified: 30 Apr 2025 08:45
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item