Fitriani, Fitriani (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25/IV Kota Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran (CIRC) yang memunculkan permasalahan pada kemampuan membaca siswa pada materi Teks Narasi Kisah Seekor Semut berada pada nilai dibawah KKTP. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Reading Composition (CIRS) pada materi bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model kodlewing dengan 4 langkah pokok 1. Perencanaan 2. Plening 3. Observasi 4. Refleksi dan menggunakan Teknik pengumpulan data secara observasi dan dokumentasi dan wawancara dengan subjek 20 siswa kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25/IV Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari segi proses mengajar guru dan proses belajar siswa dimana pada siklus I berada pada kategori belum tuntas dimana tingkat ketuntasan hanya mencapai 25% sedangkan pada siklus II telah mencapai standar sesuai dengan indikator keberhasilan dengan kategori tuntas dimana dari 20 siswa 18 siswa sudah mencapai Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) diatas nilai 70 dan dari segi hasil keterampilan membaca pemahaman secara klasikal siswa sudah mencapai 90% dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 22 Jun 2025 13:51 |
Last Modified: | 22 Jun 2025 13:51 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1471 |