Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

دافعاملعلم يف سعي الطالب على تعلم اللغة العربية يف املردسسة الثانوية ناو فاؤهاد اإلصالح جانغكات جاميب

khotimah, Khusnul (2024) دافعاملعلم يف سعي الطالب على تعلم اللغة العربية يف املردسسة الثانوية ناو فاؤهاد اإلصالح جانغكات جاميب. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam memotivasi siswa belajar bahasa arab di
Madrasah Tsanawiyah Al Ishlah Danau Pauh yang dilatar belakangi oleh kebanyakan siswa
memiliki motivasi dan minat yang berbeda-beda terhadap pelajaran bahasa Arab, hal ini
dipengaruhi oleh latar belakang sekolah siswa yang bermacam-macam. Ada yang dari
Madrasah Ibtidiyah, maupun sekolah negeri. Sebagian siswa juga masih rendah
penguasaannya dalam bahasa arab Dan juga factor guru yang kurang memberikan motivasi
bagi siswa sehingga meraka tidak memiliki semangat saat belajar bahasa arab bahkan ada
beberapa dari mereka yang sering bolos karena tidak mau belajar bahasa arab, tidak
mengerjakan pekerjaan rumah, ribut dikelas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan mengunakan desain
purposive sampling, dengan subjek penelitian adalah guru bahasa arab dan siswa. sedangkan
pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik
analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan display data dan teknik
pemeriksaan keabsahan data mengunakan triangulasi data atau teknik pemeriksaan data yang
memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan mengecek atau sebagai
perbandingan terhadap data tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam belajar pertama
dengan menyediakan sumber belajar, mengunakan metode yang bervariatif, memberikan
hukuman secara tepat, memberikan tantangan, memberikan latihan dan angka, mengetahui
hasil yang diperoleh,, mengadakan persaingan sehat memberikan pujian bentuk pendekatan
kepada siswa secara personal, dan meningkatkan disiplin belajar. Hal yang perlu diketahui
mengapa upaya perlu dilakukan karena daya tanggap siswa yang lemah, kurangnya minat
dalam mengerjakan tugas dan kurangnya disiplin siswa dalam belajar. Upaya penunjang
yang dilakukan, memberikan pretest, penyampaian informasi tentang bahan ajar melakukan
interaksi antara guru dan siswa yang baik maka proses pembelajaran siswa terlibat langsung
dalam proses interaksi guna untuk mecapai pembelajaran yang aktif dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:08
Last Modified: 19 Jun 2025 08:08
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item
View Item