Fatmawati Sirun, Sindi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditunjukkan pada setiap siklus, dimulai saat pra siklus (observasi awal) nilai rata-rata siswa yang tuntas hanya 44,44%, sementara target pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 62,96% dan pada siklus II rata-rata ketuntasan kembali meningkat menjadi 81,48%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:34 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 08:34 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/146 |