Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tebo

Yuni Herlina S., Yuni Herlina S. (2023) Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tebo. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nama : Yuni Herlina S.
NIM : 207190098
Program Studi : Tadris Biologi
Judul : Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk
Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas
XI IPA Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tebo
P
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik
siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Kabupaten Tebo. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Peneliti berkolaborasi dengan guru di dalam kelas, dan peneliti
juga melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari
siklus I, II dan III menunjukkan adanya peningkatan kemampuan psikomotorik
siswa yang didapat setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata kemampuan
psikomotorik tiap aspek yaitu siklus I pada aspek penggunaan zat dan bahan rata-
rata 28,5 %, meningkat pada siklus II 74,1 %, dan mengalami peningkatan yang
signifikan pada siklus III mencapai rata-rata 87,3 %. Kemampuan psikomotorik
siklus I pada aspek pengoperasian atau merakit alat rata-rata 32,6 %, meningkat
pada siklus II 69,1 %, dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III
mencapai rata-rata 86,4 %.
Kemampuan psikomotorik siklus I pada aspek menggunakan alat ukur
rata-rata 28,6 %, meningkat pada siklus II 77,7 %, dan mengalami peningkatan
yang signifikan pada siklus III mencapai rata-rata 86,6 %. Kemampuan
psikomotorik siklus I pada aspek keterampilan dalam praktikum rata-rata 30,8 %,
meningkat pada siklus II 78,9 %, dan mengalami peningkatan yang signifikan
pada siklus III mencapai rata-rata 87,3 %. Kemampuan psikomotorik siklus I pada
aspek menganalisis masalah rata-rata 30,5 %, meningkat pada siklus II 72,7 %,
dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III mencapai rata-rata
85,5%.
Kata Kunci: Metode Praktikum, Kemampuan Psikomotorik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:40
Last Modified: 19 Jun 2025 06:40
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item
View Item