Dede Puspita, Dede Puspita (2023) Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 135/IV Kota Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepedulian terhadap lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan alam serta mengembangkan upaya-upaya untuk memeperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Pendidikan SD/MI memiliki peranan penting dalam meningkatkan sikap kepedulian terhadap lingkungan, ditanamankan sebagai penguatan karakter sejalan dengan kurikulum 2013 yaitu tematik terpadu sebagai mengintegrasikan materi pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi di SDN 135/IV Kota Jambi ini adalah kurangnya sikap keperdulian siswa terhadap lingkungan dengan memperoleh hasil Pra-Siklus 7,14% hal tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa membuang sampah sembarangan dan adanya sampah yang berserakan di sekitar kelas. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah mengimplementasikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang dapat meningkatkan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan fokus penelitian pada kelas IV berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan dengan mengimplementasikan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada pembelajaran tematik diperoleh hasil persentase sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan siklus I 42,86% dan siklus II 89,29%. Serta terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa siklus I 58,33% dan siklus II 89,16% dan juga berupa peningkatan hasil post-tes siswa siklus I 53,57% dan post-test siklus II 85,71%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:17 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:17 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1437 |