Natasa, Apri (2024) COPING STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGHADAPI ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PROF. DR. SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN, SH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Coping adalah proses penyeimbang dalam usaha mempertahankan penyesuaian
selama menghadapi tuntutan sosial. Cara-cara individu menghadapi tuntutan
sosial tersebut disebut proses coping. Strategi adalah pendekatan secara
keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan
eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. Penelitian dalam skripsi ini
bertujuan untuk mengetahui Coping Strategi Orangtua dalam menghadapi anak
autis yang ada di Sekolah Luar Biasa (SLB) Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun
Sofwan, SH Kota Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
kualitatif fenomenologi. Adapun metode yang digunakan yaitu teknik
pengumpulan data berupa Observasi,wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian
yang peneliti peroleh serta pengkajian terhadap teori-teori yang ada, penulis
memperoleh kesimpulan bahwasannya : ada berbagai coping strategi orangtua
yaitu, mencari bantuan,mencari informasi,aksi secara langsung dan beralih
keagama adapun faktor penghambat nya orangtua sulit berkomunikasi dengan
anak,kesulitan penanganan anak, faktor pendukung dari dalam orangtua dan dari
luar yaitu,keluarga,masyarakat dan sekolah orangtua memaknai coping sebagai
melatih kesabaran, rasa syukur dan menyadari pentingnya dukungan sosial dari
orang lain.Pemaknaan coping bagi orangtua merupakan sebuah proses
pengalaman dan pembelajaran hidup.Bersyukur atas anugerah anak yang
diberikan Allah SWT. yang melatih kesabaran.Adapun perbedaan coping yang
dilakukan oleh kedua orangtua dalam menghadapi anak autis yaitu ibu cendering
pada Problem focused coping sedangkan ayah cenderung pada emotional focused
coping.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:09 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:09 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1431 |