Nopridayanti, Nopridayanti (2025) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V MIS MAHABBATULLAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran
IPAS Kelas V MIS Mahabbatullah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2
siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir
kritis siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing pada pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi belajar peserta didik
pada kompetensi ranah pengetahuan, pada siklus I dan siklus II telah mengalami
peningkatan dengan persentase ketuntasan yaitu 86,36% dari 63,64%. Berdasarkan
hasil evaluasi belajar peserta didik pada kompetensi ranah keterampilan berpikir
kritis peserta didik terdapat peningkatan pada masing-masing indikator
pengamatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada hasil pengamatan siklus I dengan
nilai rata-rata persentase yaitu 68,23% pada kategori sangat buruk menjadi 86,51%
pada kategori baik pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:09 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:09 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1425 |