AWAL, RABIUL (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP KREATIFITAS BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus.Yaitusuatupenelitianyangdilakukansecaraintensif,terincidan
mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga/gejala tertentu. Ditinjau
dari wilayahnya, maka penelitian kasus hanya meliputi daerah atau
subyek yang sangat sempit tetapi dari sifat penelitian, penelitian kasus
lebihmendalam.
Penelitian ini menghasilkan empat hal yaitu:Guru mata pelajaran yang
profesional dalambidangnya, Adanya semangat siswa dalam mengikuti
pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan Motivasi
siswa yangpositif.Langkah-langkah penerapan model pembelajaran
berpikir kritis berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa arab di
Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi, beberapa aspek diterapkan
melalui tujuan pelatihan, indikator pelatihan, alokasi waktu dalam waktu
10 menit dan diakhiri dengan kesimpulan beberapa kegiatan penutup.
Adapun kesimpulan penelitian ini adalah Implementasi Model Project
Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi adalah dibuat
beberapa kelompok biasanya 5 kelompok, namun bisa kurang dari 5
kelompok karena disesuaikan dengan jumlah banyaknya siswa yang ada
saat mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab di dalam
kelas. Sehingga ini membuat siswa senang belajar Pendidikan Bahasa
Arab. Serta Pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek (project
based learning) dalam Pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab di
Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi berjalan dengan baik, namun hal
tersebut tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan faktor
penghambat yang dihadapi oleh pihakmadrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:48 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:48 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1417 |