Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 13 TANJUNG JABUNG TIMUR

Wati, Eka Widia (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 13 TANJUNG JABUNG TIMUR. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skor hasil tes kemampuan reflektif matematis siswa yang diajar dengan model learning cycle, untuk mengetahui skor hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui besar skor pengaruh penerapan model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mnggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode true experimental design yakni post-test control design. Teknik pengampilan sampel menggunakan simple random smpling dengan sampel berjumlah 44 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lembar observasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Dengan hasil uji t yakni karena maka ditolak dan diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang tidak menerapkan model learning cycle dengan kelas yang menerapkan mdel learning cycle. Kemudian dilakukan uji effect size untuk mengetahu apakah terdapat pengaruh antara model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep, setelah dilakukan perhitungan didapatkan hasil dimana didalam tabel cohen’s ini berarti terdapat pengaruh yang tinggi dari kedua variabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:43
Last Modified: 19 Jun 2025 02:43
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item
View Item