Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AN-NAHL KOTA JAMBI

Darmawan, Sandi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AN-NAHL KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang suatu penggunanan model pembelajaran
cooperative learning Tipe Make a Match Untuk meningkatkan hasil belaajr siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA IT An-Nahl Kota
Jambi, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Jenis
pendekatan mengunakan pendekatan Mixed Method. Dalam pengumpulan data
mengunakan metode Observasi, Wawancara, Tes Hasil Belajar, dan Dokumentasi.
Metode observasi digunakan untuk mengukur aktifitas guru dan siswa setiap
persiklusnya. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat dan
gambaran di SMA IT An-Nahl Kota Jambi, metode tes digunakan untuk
mengetahui kemampuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran
mengunakan model pembelajaran cooperative learning Tipe Make a Match, dan
dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di dalam kelas
pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,
penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match mampu
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA IT An-Nahl Kota Jambi yaitu
pada siklus pertama rata-rata nilai siswa 67,36% dan mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 83,42%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh , maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan
model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan
hasil belajar pada materi pokok Menjalin Hidup Penuh Manfaat Dengan
Menghindari Berfoya-foya, Riya’ dan Sum’ah, Takabur, Hasad dari nilai posttes di
setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:41
Last Modified: 18 Jun 2025 07:41
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item
View Item