Mukarohma, Mukarohma (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERA PILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III DI MIN 4 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik melalui penerapan pembelajaran kooperatif mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III B diMadrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambidengan jumlah siswa 17 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewint, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tematik.Pada siklus I aktivitas guru dan siswa sebesar 53.33 % dan meningkat pada siklus II sebesar 26.67 % menjadi 75 %. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat dari evaluasi siklus I dan siklus II, dengan nilai kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I sebasar 64.70 % dan meningkat pada siklus II sebesar 23.53 % menjadi 88.23 %. Peningkatan indikator tertinggi terjadi pada indikator kelancaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif mind mapping.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:52 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:52 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1384 |