Fia Oktafiana, Fia Oktafiana (2023) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak
Nama : Fia Oktafiana
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis. Jenis penelitian ini yaitu Kuantitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, wali kelas VII.1 dan wali kelas VII.3, dan juga siswa kelas VII.1, dan juga siswa kelas VII.3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, dan Dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil uji validitas angket yaitu semua item pernyataan yang terdapat pada variabel perhatian orangtua sudah memenuhi uji validitas dimana hal ini terlihat dari perolehan r-hitung lebih lebih besar dari r-tabel. Sedangkan pada uji regresi linier sederhana ditemukan hasil apabila terjadi peningkatan 1 satuan variabel perhatian orangtua, maka akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 1,458. Dan untuk koefisisen determinasi ditemukan hasil besaran angka koefisien determinasi sebesar 0,163, dan data ini dapat diinterpretasikan bahwa 2,7% variasi perubahan pada variabel perhatian orangtua sedangkan sisanya sebesar 97,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Pada penelitian ini terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa akan tetapi pengaruhnya tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:15 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:15 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1364 |