Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 10 JAMBI

MUSTHOFA, M. ARIF (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 10 JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gontor yang begitu lekat dengan kurikulum yang sangat khas serta
istimewa, banyak menjadi acuan kurikulum dari hampir setiap pondok
modern yang berdiri setelahnya. Pondok modern Gontor 10 adalah salah
satu di antara beberapa pondok pesantren dengan sistem pendidikan
modern di provinsi Jambi, pendekatan kualitatif dipilih sebagai pendekatan
dalam penelitian ini yang berupaya menganalisa tentang bagaimana

hakikat, paradigma serta implementasi kurikulum kulliyatul mu’allimin al-
islamiyah yang dilaksanakan, diawali dari perencanaan, pelaksanaan

hingga tahap evaluasi implementasi kurikulum kulliyatul mu’allimin al-
islamiyah PMDG 10 Jambi dalam meningkatkan mutu lulusan.

Perencanaan dilakukan dengan adanya I’dad tadris, I’dad madhi
(materi) dan I’dab maknawi (makna) dengan pengertian bahwa
pembelajaran yang terlaksana selama berada di pondok tidak hanya
sekedar untuk mendapatkan pengetahuan melainkan ilmu. Pelaksanaan
kurikulum pada PMDG 10 Jambi yang bersifat integrated curriculum
bertumpu pada capaian lulusan yang lebih mengutamakan kualitas di atas
kuantitas dengan tujuan menjadi insan yang beriman, berilmu, dan mampu
mengamalkannya dalam kehidupan, serta evaluasi yang dilakukan secara
teliti, berkala serta detail, seperti tentang studi kelayakan pada jumlah
guru, serta mata pelajaran yang diampu.
Hal tersebut dilaksanakan untuk mengetahui kondisi guru,
kompetensi dan kemampuan pada guru, hingga kendala yang terjadi
dilakukan evaluasi setiap satu hari oleh penanggung jawab Kulliyatul
Muallimin Al-Islamiyah, dan evaluasi mingguan lewat kamisan, satu bulan
sekali dan tiap akhir semester, serta setiap satu tahun sekali dilaksanakan
awal tahun ajaran baru untuk memastikan lulusan dengan profil mukmin,
muslim, muhsin, berkomitmen pada perjuangan, menjadi perekat ummat,
berjiwa guru, dan warga negara yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Pascasarjana > Doktor Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:53
Last Modified: 18 Jun 2025 03:53
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item
View Item