HERVIKA, HERVIKA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 197/IX PEMATANG GAJAH KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 197/IX Pematang Gajah Kabupaten Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran tematik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan proses pembelajaran dari tahapan siklus I dan siklus II yaitu dapat diketahui bahwa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran tematik tentang materi panas dan perpindahannya, yang mana bisa kita lihat dari tabel hasil presentasi ketuntasan nilai siswa yang ada pada tahapan pra siklus yaitu 49% (sangat kurang), saat dilakukan tahapan siklus I yaitu mengalami sedikit peningkatan menjadi 65,5% (kurang), dan kemudian setelah dilakukannya tahapan kegiatan pada siklus II terjadi peningkatan hasil yang diperoleh menjadi 78,3% (baik).
Penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 197/IX Pematang Gajah Kabupaten Muaro Jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:07 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:36 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/136 |