Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENGHAFAL ALQURAN DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP-IT) MUTIARA HATI RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO

Yesi Febriyanti, Yesi Febriyanti (2023) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENGHAFAL ALQURAN DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP-IT) MUTIARA HATI RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Ummi Dalam Menghafal Al-Qur’an di Kelas VIII SMP-IT Mutiara Hati Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari sumber datanya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumen dan arsip SMP-IT Mutiara Hati Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik reduksi data, dan penyajian data atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi di SMP-IT Mutiara Hati terdapat 7 tahapan yang dilakukan, yaitu antara lain: 1) pembukaan, 2) apersepsi, 3) penanaman konsep, 4) pemahaman konsep, 5) latihan/keterampilan, 6) evaluasi, dan 7) penutup. Problematika yang terjadi pada penerapan metode Ummi dalam menghafal Al-Qur’an yakni ada pada diri peserta didik itu sendiri serta waktu yang terbatas. Agar pembelajaran dalam menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi berjalan sesuai dengan harapan tentu adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika tersebut. Meskipun waktu yang ada sangat terbatas dalam pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an, guru tetap menggunakan waktu yang sebaik-baiknya agar pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan serta selalu memberikan motivasi untuk lebih giat dan semangat dalam belajar serta sabar dalam mengajar dan membimbing/menuntun peserta didik yang belum paham. Hasil dari penggunaan metode Ummi adalah kemampuan menghafal mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi adalah peserta didik yang awalnya terbata-bata pada saat melafadzkan ayat Al-Qur’an, masih banyak yang kurang memahami panjang pendeknya harakat dan ada yang belum benar dalam penyebutan huruf hijaiyyah. Sekarang sudah mampu melafadzkan ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar. Ada salah satu peserta didik yang hafalannya diatas rata-rata dibandingkan dengan peserta didik lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:43
Last Modified: 18 Jun 2025 02:43
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item
View Item