Niyatul Hasanah, Niyatul Hasanah (2023) Peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika melalui metode drill di kelas II mi An Nizhom Kota Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsep siswa melalui metode drill pada pelajaran Matematika materi pengukuran panjang Pengumpulan dan Penyajian Data dapat meningkatkan konsep siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi pengumpulan dan penyajian data, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi.
Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, mengerjakan soal pada metode drill dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar siklus I dan siklus II , pendekatan siklus menunjukkan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran belum cukup baik dilaksanakan oleh siswa meskipun pada siklus I sudah mengalami peningkatan namun masih pada predikat kurang, karena rata-rata presentase hasil belajarnya masih dibawah 70%, siklus II telah menunjukkan hasil yang memuaskan baik dari aktivitas belajar siswa telah pada predikat cukup, baik dan sangat baik sedangkan hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata 72% dengan persentase secara klasikal sebesar 75% artinya tindakan perbaikan untuk proses pembelajaran dicukupkan telah mencapai kriteria.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:37 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:37 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1337 |