Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PEMULAAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MIN 05 MERANGIN

Amalia, Rika (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PEMULAAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MIN 05 MERANGIN. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis adalah merangkai-rangkai huruf menjadi kata atau kalimat. Kemampuan menulis berarti kemampuan untuk mengungkapkan gagasan, pendapat dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis. Metode CIRC merupakan singkatan dari Cooperative Integrated Reading And Composition yang merupakan suatu pendekatan yang dikembangkan oleh kurikulum untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan digunakannya metode ini agar peserta didik mampu menulis menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun jenis tindakan yang diamati adalah Meningkatkan Kemampuan Menulis Pemulaan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin. Adapun pokok permasalahan yang akan diteliti ialah apakah dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menulis pemula pada pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus, siklus I dan siklus dimana hasil yang dicapai adalah dimana pada Kerapian tulisan siswa pada siklus I sebesar 66,66% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,18%. Dari hasil siklus I dan siklus II tersebut terjadi peningkatan sebesar 18,5

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:45
Last Modified: 18 Jun 2025 01:45
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item
View Item